RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Muhammadiyah Banyumas
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 1. Memahami sifat – sifat operasi hitung bilangan dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat.
Indikator :
Ø Kognitif :Operasi hitung canpuran pada bilangan bulat.
Penggunaan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah
Ø Afektif : a. Menumbuhkan kerjasama antar siswa.
b. Menumbuhkan semangat belajar siswa.
c. Menumbuhkan keaktifan siswa.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Kognitif :Siswa dapat melakukan operasi hitung canpuran pada bilangan
bulat.
:Siswa dapat penggunaan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah
Ø Afektif : a. dapat menumbuhkan kerjasama antar sisawa.
b. dapat menumbuhkan semangat belajar siswa
c. dapat menumbuhkan keaktifan siswa.
B. MATERI AJAR
Perpangkat bilangan bulat :
Ø Cara melakukan operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
Ø Contoh Penggunaan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.
C. METODE PEMBELAJARAN
Ø Model Pembelajarn : CTL (Contextual Teaching and Learning)
Ø Metode : a. ceramah
b. diskusi
c. penugasan
d. Tanya jawab
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
NO | KEGIATAN GURU | KEGIATAN SISWA | AFEKTIF | ALOKASI WAKTU |
1.
2.
3.
| PENDAHULUAN a. Pendahuluan § Guru menyampaikan salam
§ Guru nenyampaikan tujuan pembelajaran
b. Apersepsi § Guru mengingatkan kembali tentang materi tentang operasi hitung bilangan bulat dan yang sudah diajarkan sebelumnya dengan Tanya jawab.
c. Motivasi § Guru memberi tahu kepada peserta didik akan pentingnya mempelajari materi operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
KEGIATAN INTI a. Eksplorasi § Dengan metode ceramah Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai operasi hitung campuran pada bilangan bulat beserta contoh soalnya di papan tulis. § Guru menjelaskan materi pada peserta didik tentang Penggunaan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah berikut dengan contohnya di papan tulis. § memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya b. Elaborasi § Guru memfasilitasi peserta didik dengan cara memberikan tugas dengan teman sebangkunya untuk membuat satu soal seperti yang sudah dicontohkan, diharapkan peserta didik dapat mengerjakan tugas tersebut. § Secara acak guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan soal temuannya beserta jawaban di depan kelas dengan menuliskannya di papan tulis. § Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar § Guru menberi riwed kepada peserta didik dengan pemberian tepuk tangan. § Guru menyampaikan ringkasan dari pembelajaran kepada peserta didik.
c. Konfirmasi § Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengamati hasil pekerjaan temannya. § Memberikan konfirmasi serta evaluasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik serta merefleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan melalui berbagai sumber PENUTUP § Guru memberikan soal latihan secara individu pada peserta didik pada LKS halaman 12 tugas Mandiri no 1, 15 dikerjakan dirumah. § pertemuan dengan mengucapkan salam kepada siswa. |
§ Peserta didik menjawab salam dari guru
§ Peserta didik mendengarkan dan memahami akan tujuan dari pembelajaran
§ Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan dari guru.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru.
§ Peserta didik memperhatikan penjelasan guru , mencatat serta memahami apa yang disampaikan.
§ Peserta didik memperhatikan penjelasan guru , mencatat serta memahami apa yang disampaikan.
§ peserta didik secara aktif berinteraksi dalam setiap kegiatan pembelajaran
§ Peserta didik membuat satu soal dan mengerjakannya dalam buku tulis masing- masing.
§ Peserta didik maju dan menuliskan soal beserta jawabannya di papan tulis untuk dinilai.
§ Peserta didik maju dan menuliskan soal beserta jawabannya di papan tulis untuk dinilai.
§ Peserta didik termotivasi subaya lebih belajar maksimal.
§ Peserta didik memperhatikan dan memahami ulasan dari guru
§ Peserta didik mengamati hasil pekerjaan temannya.
§ Peserta didik mengamati hasil pekerjaan temannya serta evaluasi dari Guru.
§ Peserta didik menerima tugas dari guru untuk dikerjakan dirumah.
§ Peserta didik menjawab salam |
§ Dapat menumbuhkan kesadaran diri peserta didik. § Dapat menumbukkan semangat belajar peserta didik.
§ Dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik.
§ Dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik.
§ Menumbuhkan keaktifan peserta didik terutama dalam hal mencatat materi pelajaran.
§ Menumbuhkan keaktifan peserta didik terutama dalam hal mencatat materi pelajaran
§ menumbuhkan kerjasama antar peserta didik
§ Menumbuhkan cara berfikir kreatif dan kerjasama antar peserta didik.
§ Dapat menumbuhkan keberanian dan semangat peserta didik.
§ Dapat menumbuhkan keberanian peserta didik.
§ Dapat menumbuhkan semangat peserta didik. § Menumbuhkan kesadaran diri peserta didik.
§ Menumbuhkan kesadaran diri siswa
§ Dapat menumbuhkan keberanian dan semangat peserta didik
§ Menambah semangat siswa dalam belajar dan tanggung jawab siswa.
§ Dapat menumbuhkan kesadaran diri siswa. |
3 menit
4 menit
3 menit
15 menit
15 menit
15 menit
10 menit
8 menit
5 menit
2 menit |
E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Ø Alat : Papan tulis
: Kapur tulis
: Spidol boaddmaker
Ø Sumber belajar : Buku paket Matematika untuk SMP kelas VII semester I
: Lembar Kerja Siswa (LKS)
F. ENILAIAN
Teknik : Tes Tertulis.
Bentuk Instrumen : tes uraian ( terlampir )
Contoh Instrumen : Terlampir
G. LAMPIRAN
1. Ringkasan Materi
2. Lembar PR
3. Kunci jawaban PR
Banyumas, 6 Agustus 2011
Mengetahui, Guru Pamong
Sudarmanto S.pd
|
Mahasiswa
Basuki Rahmat NIM. 0801060018 |
Lampiran I
Ringkasan materi
1. operasi hitung campuran pada bilangan bulat .
Dalam menyelesaika operasi hitung bilangan bulat, terdapat dua hal yang perlu kalian perhatikan, yaitu:
Ø tanda operasi hitung
Ø tanda kurang
Apabila dalam operasi campuran hitung pada bilangan bulat terdapat tanda kurang karus dikerjakan terlebih dahulu.
Apabila dalam operasi hitung pada bilangan bulat tidak terdapat tanda kurang, maka pengerjaanya tergantung sifat-sifat operasi hitung sebagai berikut.
Ø Operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-) sama kuat artinya operasi yang disebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Ø Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) sama kuat artinya operasi yang disebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
Ø Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) lebih kuat dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-), artinya operasi perkalian (x) dan pembagian (:)dikerjakan terlebih dahulu dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-).
Contoh :35 x (351+ 269) :(512-112)
= 35 x (800) :(400)
= 35 x 2 :(512-112)
= 70
2. Penggunaan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan bilangan bulat beserta operasinya untuk menjawab suatu persoalan yang timbul. Perhatikan contoh berikut.;
Contoh:
Pada percobaan fisika, seorang siswa melakukan percobaan pada sebongkah es, suhu es mula-mula -C setelah dipanaskan, es beruah menjadi air yang besuhu C berapa kenaikan es tersebut hingga menjadi air?
Jawab:
Suhu es mula-mila adalah -C. setelah dipanaskan air berubah menjadi air jang bersuhu C. artinya, suhu es mengalami kenaikan yaitu kenaikan terakhir dengan suhu mula-mula. Misalkan kenaikan suhu es tersebut = t, maka kondisi ini dapat dituliskan :-5 + t = 3
t = 3 + 5
t = 8
Latihan soal
1. 17-(-13)-4=
2. 12+(-7)-6=
3. 18-4-8=
Kunci jawaban
1. 17-(-13)-4= 0
2. 12+(-7)-6= -34
3. 18-4-8= 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar